Wednesday, January 23, 2013

5EA #eLjourney Bab Transportasi

Senja di Than Son Nhat Airport - HCMC Vietnam
Pagi yang cerah seindah senyuman..
Langit yang biru menggapai sang siang..
Lembayung senja tenggelamkan mentari..
Malam yang bermandikan cahaya lampu alam..

Kota itu begitu tertata dan nyaman..
Pantai, kenapa pantai selalu menyilaukan mata..
Sungai membuat sebuah ketenangan dengan riaknya..
Dataran tinggi memang selalu menghadirkan sensasi..

Cerita - cerita itu..
Silih berganti bermain di dalam memori..
Mengahdirkan tawa dan keharuan dalam hati..

Suatu saat nanti aku pasti kembali.. (Mata berapi-api)



Perjalanan 5 negara yang memberikan kesan mendalam, masih terbesit di memori bagaimana suka dukanya perjalanan itu...hmmmm...ternyata berpetualangan itu sangat terasa menyenangkannya ketika kita sekarang duduk terdiam dikamar sambil pikiran menerawang ke masa itu, masa penuh perjuangan hingga kesenangan...

Bandung, 20 Oktober 2012 ...

si Kuda besi berkeliaran di hari yang sudah tidak pagi lagi, memberikan beban polusi pada kota bandung yang tidak dipungkiri semakin hari memang tambah panas akibat meningkatnya penggunaan kendaraan berbahan bakar yang tidak ramah lingkungan. "Damnnnn..." gerutu si guweh dalam hati, setelah memasukkan flashdisk kedalam colokkan komputer di salah satu toko photocopy dan printer di daerah dipatiukur. "ahhhh sial..." sambil akhirnya si guweh pun angkat kaki dari sana untuk kembali kerumah ngambil data itinerary yang sudah di buat dengan penuh perjuangan pagi-pagi buta tapi malah salah copy dan akhirnya waktupun terbuang percuma. Hari semakin siang menggerakkan sang mentari hampir tiba di ubun-ubun, setelah selesai berbenah dengan isi ransel dan memastikan semua sudah ok, si guweh balik lagi ke tempat ngeprint dan akhirnya sukses mengtransformasi sebuah data yang tak kasat rasa hingga bisa terasa ditangan dalam bentuk sebuah kertas.
Setelah semuanya ok dan memastikan kendaraan ok untuk mengantar si guweh mengejar sebuah mimpi, mimpi seorang anak manusia untuk melihat dunia yang lebih luas. Setelah diantar oleh si bapa ke pt.inti tempat beroperasinya sebuah travel agent bernama X-Trans, yuppp, akhirnya si guweh memilih travel itu untuk mengantarkan kaki, badan, tangan, kepala pokonya semuanya diantarkan tanpa terkecuali..hehe. Dengan biaya IDR 100.000 plus bonus air minum, X-trans sukses ngebawa si guweh ke bandara soekarno hatta dengan waktu 3 jam lebih.
Penampakan Travel X-Trans (sumber mbah gugle, gambar di edit dikit)

Djakarta, 20 Oktober 2012 ...

Tepat pukul 4 sore si guweh tiba di terminal 3 bandara soekarno hatta (CGK) dan penerbangan ke singapore menggunakan maskapai air asia pada pukul 17.25 WIB, untung sebelumnya sudah prepare masalah waktu jadi bisa sedikit santai, dan benar saja ternyata waktu lebih itu membawa keuntungan, si guweh sebelumnya lupa buat ngeprint tiket kembali ke indo dari vietnam, untung staff counter air asia waktu check in ngasih tau agar tiket pesawat untuk pulang agar di print karena nanti di setiap kantor imigrasi akan ditanya, dan itu beneran ditanya waktu di kantor imigrasi mau masuk malaysia lewat johor bahru dan untungnya si guweh bisa ngeprint tuh tiket di counter air asia yang berada didekat bandara.
Penerbangan AirAsia mengalami keterlambatan sekitar 1 jam waktu itu, dan berita baiknya si guweh dikasih makan malam gratis, nasi bungkus ala hokben sbg ganti keterlambatan. pukul 6 sore lebih si guweh akhirnya mengapung di udara menuju negri pertama..negri singa....
Penampakan Pesawat AirAsia

Singapore, 20 Oktober 2012 ...

Kurang lebih pukul 9 malem waktu singapore yg ada perbedaan waktu sejam ama ibu kota djakarta si guweh nyampe di changi airport, perjalanan tersebut harus ditebus dengan uang sebesar IDR 219.000 untuk tiket ekonomi berlabel 'Lowest Fare' ditambah bagasi sebesar IDR 105.000 untuk 15 kg. Nyampe di changi airport dapet sedikit insiden harus ditahan dulu oleh kantor imigrasi singapore, ceritanya ada disini. Di bandara yg megah si guweh muter-muter dulu disana dan mencoba Skytrain yang disediain pihak bandara untuk transportasi antar terminal di changi airport sebelum akhirnya pulang dijemput oleh 2 teman couchsurfing singapore pake mobil, berhubung ini gratis, jadi ngga bisa ngasih info biaya transportasi..hehe

nihh pintu menuju skytrain (sumber streetdirectory.com gambar di edit dikit)

Singapore, 21 Oktober 2012 ...

Setelah lelah perjalanan kemarin dan serasa bermimpi sekarang berada di singapore, meninggalkan semua aktivitas rutin pekerjaan yang tinggal menjadi kenangan setelah membulatkan tekad untuk berhenti dari pekerjaan tetap dan akhirnya inilah waktu si guweh untuk mengeksplore singapore, kita berempat menembus pagi untuk menjelajah negara kecil bernama singapore menggunakan mobil toyota yaris milik rizal seorang kebangsaan singapore berdarah melayu.

Rizal lagi nyoba pekerjaan baru jadi supir..hehe
Banyak tempat-tempat di singapore yang kita jelajahi seperti botanical garden, telok blangah hill park, kawasan kampoeng arab yang terkenal dengan sultan mosque yang merupakan mesjid terbesar di singapore, kawasan little india, orchard roaad, bugis street, marina bay hingga merasakan indahnya melihat singapore pada malam hari di kudeta cafe yang terletak di lantai 57.

Sebaris Narsis dari Singapore (x.x)
Kita mencoba juga rasanya naik ke singapore flyer yang harus ditebus dengan SGD 29.50 dan asiknya itu free sodarah-sodarah, berkat kebaikan anthony yang ngasih semua fasilitas dengan cuma-cuma termasuk saat kita menjelajah sungai singapore menggunakan singapore river cruise yang tiketnya seharga SGD 18, waktu itu 1 SGD sama dengan IDR 7900.
Penampakan Singapore River Cruise

Singapore, 22 Oktober 2012 ...

Hari ketiga di singapore, bangun pagi-pagi untuk melanjutkan trip menyusuri pulau sentosa menggunakan MRT dan busway, sebelumnya pergi dulu ke changi airport untuk mengantar kepulangan sahabat balik ke indonesia tercinta menggunakan taxi, tarifnya kalau ga salah dari Aljunied park ke changi airport sekitar SGD 12 lumayan muahall naik taxi, setelah berpisah kemudian perjalanan dilanjut menggunakan MRT menuju pulau sentosa menggunakan jalur East West Line (EW) dari changi airport ke EW16 outram park lalu dari sana ganti jalur ke NE3 outram park (North East Line) menuju tujuan akhir di HarbourFront NE1, peta lengkapnya bisa dilihat disini. berhubung si guweh dikasih pinjam EZ Link card oleh anthony yang otomatis biaya perjalanan free alias haratisss..heu..kalau kita ngga punya kartu EZ Link, nanti disana ada mesin khusus untuk mengambil tiket, perjalanan dari changi airport ke HarbourFront harus ditebus dengan 1,8 SGD ditambah 1 SGD sebagai jaminan yang nantinya akan dikembalikan lagi ketika nyampe di HarbourFront dengan memasukkan lagi tiket tersebut yang berupa sebuah kartu ke mesin tiket. Dari harbour front ada banyak pilihan ke pulau sentosa, bisa melalui singapore cable car, sentosa express, public bus atau jalan kaki lewat jalur boardwalk, dan si guweh memilih berjalan kaki sambil nikmatin indahnya pemandangan, kalau memilih jalan kaki di boardwalk nanti akan dikenakan tiket masuk pulau sentosa seharga 1 SGD, lengkapnya bisa lihat disini.

Sentosa BoardWalk
Untuk keliling pulau sentosa bisa menggunakan bus yang tersedia, tapi kalau pengen lebih asik mending jalan kaki aja, bakalan lebih seru keliling pulau sentosa karena selain ngehemat pengeluaran buat transportasi, nanti disepanjang jalan kita bisa narsis abissss..hahaha

Sentosa Island
Pulang dari sentosa si guwehh mencoba berkeliling naik bus singapore, dari bus yang standar ama bus yang bertingkat, harga bus disana ditentuin ama jarak dan jenis busnya juga, tapi ada harga batas minimum dan harga batas maksimalnya. Cuman naik bus di singapore bikin si guweh stress, karena bingung pas turunnya, ngga kaya pas naik MRT ada yg mengingatkan udah sampai stasiun mana, tapi kalau pake bus ngga ada yang ngingetin, jadi 2 kali si guweh salah turun, turunnya malah kecepetan..hadehhh..

Malacca - Malaysia, 23 Oktober 2012 ...

Tiba saatnya si guweh ninggalin singapore untuk melanjutkan perjalanan menuju negri serumpun..yuppp..malayyy, setelah pamitan ama anthony di apartemennya yang terletak dikawasan Aljunied. Dari kawasan Aljunied si guweh naik bus bernomor punggung 100 dari halte Aljunied park menuju halte Aljunied MRT dengan tarif 1,2 SGD (sekitar 5 menit perjalanan) , dari sana lanjut menggunakan MRT dari stasiun Aljunied menuju stasiun Kranji dengan harga yang harus ditebus sebesar 3,2 SGD dan waktu yang ditempuh sekitar 50 menit (1 SGD sebagai deposit, berhubung si guweh kartunya ngga dibalikin lagi karena lupa, jadinya ngga balik tuh duit 1 SGD, padahal mayan bwt beli mie ayam mas pendi..heu). Sampai di stasiun kranji, si guweh lalu nyebrang ke halte sebrang untuk nerusin perjalanan menggunakan bus menuju terminal larkin di johor bahru, no busnya 170 dan harga yang harus ditebus sebesar 1,9 SGD (katanya bisa pake uang ringgit, berhubung si guweh cuman punya uang ringgit 1,8 jadinya ngga bisa). menuju terminal larkin johor bahru malaysia akan melewati 2 kali imigrasi, dan di imigrasi malaysia si guweh ditanya macem-macem yang akhirnya harus nunjukin tiket pesawat balik ke indonesia. lama perjalanan kurang lebih sama 50 menit.
Penampakan Bus dan MRT di Singapore
Nyampe diterminal larkin johor bahru kurang lebih pukul setengah 12 siang, disana si guweh langsung beli tiket bus menuju malacca dengan harga RM 19 (waktu itu kursnya RM 1 harus dibanderol seharga IDR 3150) dan waktu yang ditempuh sekitar 2 jam 23 menit, lalu sampai ke terminal melaka dan disana cari terminal domestik yang terparkir bus-bus domestik dan akan mengantar ke pusat kota melaka dengan harga yang harus dibayar sebesar RM 1,3 dan si guweh berhenti pas dideket penginapan yang dituju..Bus domestik disana kalau dibandung layaknya damrilah, cuman lebih teratur dalam hal pemberhentian yang wajib berhenti di halte yang sudah ada, kebetulan di melaka busnya dikelola oleh panorama melaka.

Penampakan bus larkin - Melaka
Kuala Lumpur - Malaysia, 24 Oktober 2012 ...

Menjelang siang si guweh sudah menanti bus di depan Christ Chruch Melaka yang akan mengantarkan kepergian menuju terminal melaka dan harus ditebus dengan uang ringgit sebesar RM 2, wewww lebih mahal dibanding pas dari terminal kesii, kenapa bisa lebih mahal? karena memang jalur kembali ke terminal jadinya harus muter-muter dulu di kota melaka dan menyebabkan ongkosnya lebih mahal dibanding pas dari terminal ke christ chruch melaka. Sampai di terminal melaka kita tinggal milih aja mau naik bus dengan PO apa (sedikit pemberitahuan aja, kali aja ada yang ngga tau bukan kali tempat berenang..hehe, PO itu kepanjangan dari Perusahaan Otobus bukan purchase order yah apalagi pahlawan bertOpeng, itu salah besar kalau ngartiinnya kaya gitu..heu..oh iya PO sendiri itu sebutan buat di indonesia, kalau di malaysia atau dinegara lain namanya ngga tau apa), banyak PO tersedia tinggal pilih sesuai naluri dan selera..hehe..kebetulan si guweh memilih menggunakan PO mayangsari yang harus ditebus sebesar RM 10, oh iya naik busnya jangan salah tujuan, pilih yang tujuannya ke puduraya KL, karena terminal bus di KL ada dua tujuan, puduraya dan sbs, puduraya itu yang deket dengan pusat kota..
Tiket Bus PO mayangsari Melaka - KL

Sebelum memulai berkeliling ria di KL, si guweh sudah booking tiket bus dulu menuju pulau penang, terlihat para calo yang ramai menggoyahkan keyakinan para penumpang, banyak sekali PO diterminal puduraya yang berada di lantai 2 menawarkan banyak pilihan dan si guweh akhirnya memilih economic express dengan harga RM 45.



Pulau Penang - Malaysia, 25 Oktober ...

Perjalanan malam yang bikin seluruh bagian tubuh begitu tenang, karena sebelumnya harus berpacu dengan waktu (bukan berpacu dengan melodi) buat ngejar waktu keberangkatan, secara harus lari-lari dari twin towen menuju terminal puduraya, ahhhhh pokonya seruuu..hahaha. Tepat pukul setengah 5 pagi waktu malaysia, yang kalau dikonversi ke waktu bagian bandung berarti itu masih pukul satengah opat pagi. Menanti kedatangan bus rapid penang, yang baru muncul jam 7 pagi, kalo ngga salah no busnya 137 yang akan mengantar si guweh ke george town dengan tarif RM 2.
Bus di pulau penang sendiri tarifnya berdasarkan jarak tempuh, rata" sih harganya RM 2 sekali jalan, seperti pas si guweh dari george town ke kuil kek lok si atau pas ke batu faringhi, sama-sama bertarif RM 2, cuman pas pulang dari Batu feringhi ke george town harganya lebih mahal, sebesar RM 2,7. yahh menggunakan bus di malaysia ataupun singapore kita tinggal bilang aja mau kemana, terus nanti si sopir ngasih harga dan setelah itu masukin duit kita ke kotak yang disediain (inget bukan kencleng yang ada di wc wc umum..haha). Untuk memudahkan perjalan kita di pulau penang, wajib mampir dulu ke kantor george town world heritage untuk jadi kolektor peta, yang dimana di brosur peta sudah diselipkan informasi berupa tempat tujuan wisata, transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kesana dan juga informasi tentang penginapan.

Suasana di dalam bus
Kalau mau meninggalkan pulau penang tarnsportasinya sama kaya kita datang, tinggal menggunakan bus dari george town ke terminal dengan tarif sama RM 2, berhubung si guweh akan lanjut perjalanan ke negri baru..yuhuuu..thailand, si negri gajah putihh...Maka tetiba di terminal, seperti biasa di lantai atas terdapat banyak pilihan PO untuk memilih bus mana yang akan menjadi alat untuk mengantarkan kita ke tujuan, dan si guweh berencana lanjut ke krabi, tapi tidak ada yang langsung ke krabi, jadi harus singgah dulu di hatyai, untuk ke hatyai tidak bisa menggunakan bus karena tidak ada bus yang tujuan kesana, tapi menggunakan mini van dengan harga yang harus ditebus sebesar RM 30, itu belum termasuk dana pengurusan nanti di imigrasi thailand, jadi siapin aja dana RM 1 untuk biaya pengurusan masalah imigrasi.

Hatyai - Thailand, 26 Oktober 2012 ...

Sesampainya di terminal hatyai (Hatyai Municipal Bus Terminal), bingung lagi masalah waktu, padahal thailand penggunaan waktunya sama ama indonesia bagian barat..yuppp GMT +7, berhubung seminggu di negri dengan penggunaan waktu GMT+8 jadi yahh mulai mengkonversi jam tangan balik ke awal ke GMT+7. Okeh ternyata sudah pukul 7 malem dan si guweh memutuskan untuk melanjutkan perjalanan besok pagi jam 8 menggunakan mini van lagi menuju ke krabi, karena bus yang murah itu adanya pukul 2 siang jadi terpaksa menggunakan mini van lewat Subsin tour travel yang harus ditebus dengan harga 280 baht (selanjutnya bakalan digunain satuan THB yang artinya thai baht, layaknya RM ringgit malaysia atau SGD singapore dollar atau lagi IDR indonesian rupiah, fyi aja sihhh..kali aja kamu suka berenang di kali..#apaansih #gapenting).

Haytai Municipal Bus Terminal & Suasana di dalam mini van
Di terminal hatyai sendiri seperti biasa layaknya terminal, banyak calo yang berkeliaran lepas dari kandangnya, jadi siap-siap dikerubuti dan ditanya macam-macam kaya selebritis turun dari langit, tapi sebenernya untuk masalah harga sama aja dan susah untuk di tawar, kita mau beli langsung dengan pergi ke travel agentnya atau ditunjuki oleh calo tempat travel agent yang melayani rute yang kita inginkan. dan harga antar travel agent semuanya sama, tidak ada yang beda, beda lagi kalau di bangkok (yang ini nanti dibawah dibahas ko). jadi kalau disini pilihannya cuman 2, mau pake bus murah yang cuman ada sehari sekali itupun siang, atau milih pake jasa travel agent menggunakan mini van atau big bus, semuanya sesuai selera seperti milih makanan, mau di restoran atau dipinggir jalan, beda tapi satu tujuan...

Krabi - Thailand, 27 Oktober 2012 ...

Sampai di krabi town pada siang hari, kurang lebih 5 jam perjalanan dari hatyai menuju krabi town, selepas makan siang si guweh langsung melanjutkan perjalanan ke ao nang beach menggunakan angkot ala thailand yang berbentuk truk yang dimodifikasi, ongkos dari krabi town ke ao nang beach adalah THB 50, kalau menggunakan ojeg bisa sampai THB 120. Waktu itu kurs THB sendiri terhadap IDR sekitar THB 1  = IDR 310.

Phi Phi Island - Thailand, 28 Oktober 2012 ...

Pagi yang indah di ao nang beach, setelah semalam hunting tiket boat menuju phi phi island dan berhasil ngubek setiap tour and travel dari ujung ke ujung, akhirnya dapet tiket boat seharga THB 300 untuk perjalanan dari Ao nang beach ke phi phi island dan THB 300 dari Phi phi island menuju phuket. Banyak berjejer tour and travel di sepanjang pantai ao nang dan pantai-pantai lainnya, menawarkan jasa tour travel ke berbagai tempat, nego saja untuk dapat harga terbaik dan wajib ngebandingin harga ke beberapa tempat agar didapat harga yang lebih murah. Sebenernya untuk tiket boat dari phiphi island ke phuket bisa dapet yang lebih murah di phiphi island dengan harga THB 250, tapi ya sudahlah, karena si guwehh sudah booking..
Suasana kapal Princess yang akan mengantar ke Phi phi Island
Sesampainya di phi phi island untuk masalah transportasi, ada penyewaan sepeda yang bisa kita gunakan untuk berkeliling phiphi island, tapi mending jalan kaki ajah biar lebih menikmati, lagian phiphi island kecil plus rame, jadi ngga enak juga gunain sepeda. Di phi phi island sudah banyak berjejer penyedia jasa tour and travel yang siap melayani setiap kegiatan yang ingin dilakukan disana, banyak paket-paket perjalanan yang disediakan dan yang paling terkenal pastinya paket ke maya bay tempat pelem the beach mengambil objek utama sebagai scene pelemnya, untuk kesana paket termurah sekitar THB 200 untuk setengah hari, itu sudah termasuk sekali makan dan juga cemilan, bisa pilih yang tour pagi atau tour sore.

Phuket - Thailand, 30 Oktober 2012 ...

Akhirnya kapalpun mendarat dipelabuhan phuket, transportasi ke phuket town bisa melalui mini van yang setelah kita turun di kapal pasti akan menawarkan jasanya dengan harga yang lumayan mahal, yaitu THB 100, atau kita bisa jalan dulu sebentar sekitar 10 menit untuk menaiki public transport berupa bus dengan harga THB 25, atau pengen lebih keren bisa jalan kaki menuju phuket town sambil menikmati setiap langkahnya..hehe. Kalau mau menggunakan kaki sebagai transportasi, jangan lupa pas di phi phi island untuk ngerampok peta di stand tour and travel, gratis ko..dan bisa jadi panduan kita untuk menjelajah phuket town..

Menggunakan public transport di phuket town tidak terlalu sulit, angkot disana sudah ada tujuannya, tinggal kita memastikan saja ke si kenek (di thailand kenek itu ceweee, mantebb). Kebetulan si guweh untuk menuju patong beach menggunakan angkot thailand di dekat pasar phuket town yang tersedia banyak angkot ke berbagai jurusan, akhirnya naik angkot jurusan patong beach dengan ongkos THB 25, nanti pasti bakalan di tanya ama si kenek mau kemana dan nanti si kenek akan bilang harga yang harus dibayar untuk tujuan tersebut.
Penampakan 'Angkot Thailand'
Di Phuket sendiri, angkot ada dua jenis, angkot yang kecil seperti angkot di kita dan angkot yang besar yang merupakan jenis truk yang dirombak dan mereka menyebutnya bas (bus). Di phuket sendiri lebih enaknya untuk menyewa motor, biar bisa mobile untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang jaraknya berjauhan seperti patong beach, kata beach, karon beach, big budha, wat chalong dan yang lainnya. Banyak penyewaan motor disana, apalagi di patong beach yang notabenenya sebagai pusat backpacker, karena yang paling ramai dibanding tempat-tempat lainnya, harga sewa motor perharinya bisa dapet THB 250, belum bensin yang harga bensin per liternya sekitar 9000an IDR.
Suasa bus di phuket, tuh keneknya yg pakai baju pink
Bangkok - Thailand, 2 November 2012 ...

Perjalanan menuju ibukota thailand akhirnya akan dilakukan juga, menuju ke terminal 1 di daerah dekat phuket town si guweh beli tiket bus malam seharga THB 529 dari PO ATS, nihh linknya. nanti di terminal 1 untuk menuju terminal utama di phuket harus menggunakan bus dengan ongkos THB 10, perjalanan dari phuket ke bangkok sekitar 12 jam, jadi lebih enak menggunakan perjalanan malam (lumayankann ngiritt biaya penginapan)
Suasana di terminal utama phuket
Bangkok pun akhirnya ada dipelupuk mata, pagi itu sekitar jam 8 lebih, si guweh bingungg mau naik apa ke khaosan road, akhisrnya si guweh nanya ke salah satu cewe thailand, setelah sebelumnya cewe itu kabur dulu dan akhirnya kembali buat ngasih tau bahwa si guweh harus naek bus disebrang terminal dan akhirnya menyebranglah dan menunggu bus yang sudah dikasih tau, tapi ternyata bus nya salah dan si guweh nanya ama seorang bapak-bapak, ngejelasin mau ke khaosan road ampe si guweh tulis di kertas tapi zonkkk banget, si bapak tetep ngga tau, walaupun udah dijelasin tempatnya, ditulis dan digambar, tetap saja tidak mengerti, jadi kaya di pelem ngalamin komunikasi tingkat dewa..hahaha..untung si guweh ketemu ama anak muda yang tau tempat bernama khaosan road, akhirnya ditunjukin bus ber nomor 79 yang akhirnya sukses mengantar si guweh ke khaosan road dengan ongkos THB 15.

Di bangkok sendiri untuk transportasi ada banyak pilihan, bisa menggunakan bus yang murah, naik taxi atau naik tuktuk yang menjadi ciri khas thailand dan juga bisa menggunakan jalur air kalau menurut mbah jono kamu cocoknya di air..hehe..karena thailand punya moda transport sungai yang jalurnya memang tidak berbenturan dengan jalur bus, jadi benar-benar merata untuk urusan transportasi. Waktu itu si guweh dari wat arun menyebrang sungai untuk melihat budha tidur menggunakan perahu yang ongkosnya cuman THB 3, murahh, kenapa murah, soalnya cuman nyebrang doankk..hahaha

Penampakan Bus dan Tuktuk di Bangkok
Siem Reap - Cambodia, 7 November 2012 ...

Pagi-pagi buta sudah dikasih sengatan listrik berupa masalah transportasi ketika akan melanjutkan perjalanan ke kota 'tomb rider' tempat berdirinya angkor wat yang merupakan candi terluas se asia. tidak singkron antara travel agent sama supir yang tentunya megang kendali untuk mengemudikan kendaraannya, ini bermula ketika si guweh dapet transportasi seharga THB 240 menggunakan mini van dari bangkok ke siem reap yang seharusnya THB 300, setelah berhasil ditawar dapatlah harga segitu tapi dengan catatan si travel agent nulis ditiketnya dengan harga THB 200, pikir si guweh ya ga papalah yang penting dapet harga murah, dan nyatanya itu yang menjadi masalah utama karena si supir ngga mau ngangkut si guweh karena harga di karcis yang terlalu murah, ampe si guwehh mulai stress gara" yang kebayang dipikiran bahwa si guweh kena tipu, nunggulah si guweh di tempat travel agent sambil menunggu buka tuhh, perjalanan ke siemreap hanya dilakukan pagi hari dan apabila pagi ini si guweh gagal, bakalan kacau rencana meneruskan perjalanan yang otomatis harus tinggal sehari lagi di bangkok, tapi akhirnya masalahnya terselesaikan setelah berdebat dengan si travel agent dan harus nambah SGD 2 (karena si guweh sudah tidak punya uang THB lagi, dan harus nambah ongkos THB 50) dan pagi itupun si guweh meluncur ke siem reap..

Sampai di siemreap ternyata benar, bus ataupun taxi kebanyakan sudah join dengan para tuktuk atau mungkin ada ikatan solidaritas diantara sesama supir, disana diturunin ditempat tuktuk yang otomatis kita harus naik tuktuk atau jalan kaki, ya terpaksalah naik tuktuk daripada malam-malam ngga tau mau kemana..heu..untungnya ketemu ama cewe jepang namanya miki, kita berbagi tuktuk dengan perorang harus bayar USD 1 menuju hostel. Di siem reap untuk masalah transportasi pilihan enanknya menggunakan sepeda atau motor, karena kalau tuktuk cenderung mahal ketika kita ingin explore angkor wat, harga penyewaan sepeda sendiri bervariasi tergantung jenis sepedanya, untuk jenis sepeda jadul bin dudul harga perharinya USD 1 sedangkan sepeda bermerk giant yang super keren di bandrol USD 7 per harinya. ada penyewaan sepeda di dekat siem reap river yang dapat bonus air mineral dan peta.

Phnom Penh - Cambodia, 10 November 2012 ...

Setelah survey harga bus menuju phnom penh dari siem reap, ternyata harga di terminal sama di travel agent itu tidak beda, jadi mending pesen tiket di travel agent aja atau bisa melalui hostel tempat kita nginep. harga standar untuk bus itu USD 5, itu sudah termasuk penjemputan dari hostel ke terminal dan jarak terminal dari area hostel cukup jauh sekitar 5 km dengan kondisi jalan berdebu plusss cuaca panas nan kering.
Sampai di ibukota cambodia, sedikit lebih baik dibanding dengan siem reap yang tidak berdebu parahh seperti siem reap, yahh namanya juga ibukota, pastinya lebihh baik dari segi pembangunan dan public transport. Setelah menginap semalam di phnom penh, akhirnya pagi-pahi sekali si guweh melanjutkan kisah ini menuju negri terakhir dengan menggunakan bus dari PO Sorya Transport Company dengan harga USD 10 dan mendapat fasilitas air mineral ditambah tissue basah, pelayanannya bagus dan tidak ribet saat kita melalu imigrasi karena sudah diatur oleh pelayanan dari pihak bus.

Ho Chi Minh City - Vietnam, 11 November 2012 ...

Bus dari phnom penh tiba di distric 1 ho chi minh city tepatnya di daerah benh tanh yang dekat dengan pusat kota ho chi minh city atau nama asalnya yaitu saigon. Transportasi di HCMC bisa menggunakan ojeg motor yang si tukang ojegnya selalu bilang hei motorcycle dan setiap jalan di sana udah puluhan kali ditawari ojeg motor ampe cape nolaknya juga, selain ojeg yg berisik banget ditelinga (bukan berisik suara knalpot tapi berisik suara si pengemudi) ada juga tuktuk, taxi dan bus tentunya yang murah meriah. tarif bus di HCMC seperti damri atau busway yang jauh dekat satu harga, tarifnya 4000 dong atau si guweh nyebutnya VND yang artinya vietnam dong dengan kurs lebih rendah dibanding indonesia, tinggal dikalikan saja 0,5 untuk konversi ke IDR. Untuk taxi di HCMC gunakan taxi yang terpercaya menggunakan argo, berhubung si guweh anti taxi karena traveling sendiri yang mengakibatkan terlalu expansive menggunakan jasa taxi, untuk info taxi yang terpercaya disana, bisa searching saja di mbah gugle..hehe

Akhirnya perjalananpun harus berakhir dan si guweh mengakhirinya dengan kembali menggunakan jasa airasia untuk pulang ke negri tercinta, INDONESIA..ongkos transport dari HCMC ke Jakarta USD 85 plus bagasi 15 kg atau dirupiahkan sekitar IDR 805.000 dengan kurs IDR 9500 untuk USD 1. Dari jakarta kembali ke bandung menggunakan bus primajasa dengan tarif IDR 50.000 untuk tujuan kalideres - bandung.
Transportasi itu bagian penting dari sebuah perjalanan, jadi alokasikan dana buat transportasi secara terpisah dengan kebutuhan lainnya agar bisa memastikan bahwa perjalanan kita aman sampai kembali lagi ke rumahhh dan tidak sampai harus dideportasi karena tidak punya duit buat balik, masih mending nanti disana dipungut oleh tante cantik nan bahenol, ini gimana kalo dipungut sama lady boy..hahaha..

beberapa kumpulan tiket transportasi
ok see u guys ditulisan selanjutnya, bab tentang penginapan..^_^

#eLjourney - Catatan perjalanan yang tak berujung

2 comments:

  1. Makasih udah share sob, blog yang bermanfaat ........................


    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete
  2. sama-sama gan....thanx dah berkunjung, maap ngga disuguhin cemilan...hehehe

    ReplyDelete